MITO T600

Berbagai pilihan tablet lokal kini mudah ditemukan. Vendor berlomba menciptakan tablet dengan modelnya masing-masing, meski fitur di dalamnya tidaklah jauh berbeda. Hanya inovasi lama yang selalu saja dikemas ulang.

Tapi tak bisa dipungkiri, hal itu tetap menarik bagi konsumen. Contohnya Mito yang menambah satu lagi koleksi tablet mereka. Mirip dengan versi yang sudah ada (Mito t500 dan t200), t600 tidak jauh berbeda dari segi tampilan. Hanya fiturnya saja sebagai pembeda.

DESAIN dan ANTARMUKA
Bentuk kotak bersudut tumpul adalah ciri khas tablet yang biasa kita temui. Tapi yang ini punya penyangga agar tablet bisa diberdirikan.

T600 memiliki dua speaker dan dua kamera, masing-masing diletakan di bagian belakang. Ada jalan pintas untuk menghidupkan kamera, tombolnya ada di sisi sebelah kanan, bersama tombol volume.

Port charger ada di sisi bawah. Sementara dua slot SIM card serta slot microSD bisa ditemukan jika Anda membuka casing belakangnya.

T600 termasuk golongan tablet 7 inci, resolusi layarnya 480×800 pixel dengan jenis layar sentuh kapasitif TFT. Layar jenis ini cukup banyak digunakan, misalnya oleh Tabulet Troy 2.

Sayangnya, tidak seperti rivalnya yang sudah menyematkan Android Ice Cream, Mito hanya memberikan antarmuka versi Android Gingerbread. Tampilan antarmukanya Android sekali sehingga pasti Anda yang pengguna Android sangat familiar.

Ada 7 layar yang bisa dikustomisasi dengan shortcut maupun widget. Layarnya sudah multitouch dan sangat cepat merespon sentuhan.

KINERJA
Kinerja t600 ditunjang prosesor 650MHz with POWERVR graphics dengan RAM 512MB. Terasa jauh jika dibandingkan terhadap Advan Vandroid T2Ci yang dengan harga lebih murah (yakni Rp 999 ribu) prosesornya sudah gunakan Cortex A8 1Ghz. Meski begitu, t600 cukup mulus saat menjalankan aplikasi dan multi-tasking.

Dengan hadirnya slot dua kartu, tentu koneksi bisa dijalankan dengan mengandalkan jaringan 3G milik operator. Selain itu, tentu saja ada WiFi. Adanya tethering hotspot memungkinkan kita berbagi koneksi internet dengan perangkat lainnya.

Untuk berselancar di dunia maya, kita bisa mengandalkan browser bawaan yang sudah ada. Kinerja cukup baik menjelajah berbagai situs dengan kemampuan membuka 16 halaman situs sekaligus.

Bermain game dan menjalankan aplikasi terlihat tidak ada rintangan. Tidak ada lag dan semuanya berjalan mulus.

Uji Antutu benchmark yang kami lakukan mendapati angka 1704. Skor demikian tergolong baik untuk tablet lokal kelas menengah.

KAMERA
Seperti sudah dikatakan tadi, t600 miliki dua kamera yang diletakkan di bagian depan dan belakang.

Sebagai kamera utama disematkan kamera beresolusi 2MP. Standar sekali, cukup mengakomodir kebutuhan. Walau demikian jangan terlalu berharap banyak dengan hasilnya; sangat tergantung dari cahaya yang ada.

Hadirnya kamera depan memberikan nilai plus karena kita bisa melakukan video call dengan bantuan aplikasi Skype yang sudah terinstal di tablet.

MULTIMEDIA
Selain aspek dual SIM dan dual kamera, Mito sepertinya juga mengedepankan dual loudspeaker dan TV analog. Kemampuannya memang terasa lebih menonjol dibanding fitur lainnya.

TV analognya mampu menangkap 60 channel. Sayangnya tidak semua saluran itu bisa digunakan. Hanya saluran TV yang sudah familiar dan terdekat dari tempat kami berada saja yang tampil dengan gambar bagus. Antena luar yang panjang menangkap sinyal dengan baik, tapi sayang tidak dukung radio. Kita tetap harus tancapkan earphone agar radio berfungsi.

T600 sudah difasilitasi alat perekam untuk merekam atau memotret siaran tv favorit Anda. Hasilnya akan disimpan langsung ke memori eksternal.

Memori internal berkapasitas 4GB masih dibantu microSD yang slotnya ditempatkan dekat baterai.

Dua speaker di bagian depan dan belakang berikan suara yang kencang namun tidak pecah. Keluaran suara dari dua speaker inilah yang menjadi andalan t600.

Terima Kasih

0 comments:

Post a Comment